LOADING
Ayat Nats

Sekarang rasakan betapa pahit dan pedih bila Aku kaubelakangi dan tidak kauhormati.

Perikop (TB)

Setelah dihabiskannya semuanya, timbullah bencana kelaparan di dalam negeri itu dan ia pun mulai melarat. Lalu ia pergi dan bekerja pada seorang majikan di negeri itu. Orang itu menyuruhnya ke ladang untuk menjaga babinya.

Perikop (TB)

Bacaan Alkitab

19:4 Dan kedua puluh empat tua-tua dan keempat makhluk itu tersungkur dan menyembah Allah yang duduk di atas takhta itu, dan mereka berkata: "Amin, Haleluya." 19:5 Maka kedengaranlah suatu suara dari takhta itu: "Pujilah Allah kita, hai kamu semua hamba-Nya, kamu yang takut akan Dia, baik kecil maupun besar!"

Perjamuan kawin Anak Domba

19:6 Lalu aku mendengar seperti suara himpunan besar orang banyak, seperti desau air bah dan seperti deru guruh yang hebat, katanya: "Haleluya! Karena Tuhan, Allah kita, Yang Mahakuasa, telah menjadi raja. 19:7 Marilah kita bersukacita dan bersorak-sorai, dan memuliakan Dia! Karena hari perkawinan Anak Domba telah tiba, dan pengantin-Nya telah siap sedia. 19:8 Dan kepadanya dikaruniakan supaya memakai kain lenan halus yang berkilau-kilauan dan yang putih bersih!" (Lenan halus itu adalah perbuatan-perbuatan yang benar dari orang-orang kudus.) 19:9 Lalu ia berkata kepadaku: "Tuliskanlah: Berbahagialah mereka yang diundang ke perjamuan kawin Anak Domba." Katanya lagi kepadaku: "Perkataan ini adalah benar, perkataan-perkataan dari Allah."

Kemuliaan TUHAN memenuhi Kemah Suci

40:34 Lalu awan itu menutupi Kemah Pertemuan, dan kemuliaan TUHAN memenuhi Kemah Suci, 40:35 sehingga Musa tidak dapat memasuki Kemah Pertemuan, sebab awan itu hinggap di atas kemah itu, dan kemuliaan TUHAN memenuhi Kemah Suci. 40:36 Apabila awan itu naik dari atas Kemah Suci, berangkatlah orang Israel dari setiap tempat mereka berkemah. 40:37 Tetapi jika awan itu tidak naik, maka merekapun tidak berangkat sampai hari awan itu naik. 40:38 Sebab awan TUHAN itu ada di atas Kemah Suci pada siang hari, dan pada malam hari ada api di dalamnya, di depan mata seluruh umat Israel pada setiap tempat mereka berkemah.

Ganjaran Atas Dosa

Ada kalimat yang mengatakan, “Kebajikan mendapatkan upah, sedangkan kejahatan mendapatkan ganjaran.” Artinya bagi seseorang yang melakukan kejahatan dan dosa, maka mereka akan menerima ganjaran dalam rupa penghukuman yang setimpal dengan perbuatannya. Itulah yang dikatakan sebuah keadilan.

Hal inilah yang dinubuatkan oleh Nabi Yeremia kepada bangsa Israel, yang sesungguhnya merupakan bangsa pilihan yang sangat dikasihi Allah. Akan tetapi dalam sejarahnya, Israel seolah sering melupakan identitas mereka dan malah berlaku murtad. Oleh sebab itu, Yeremia menyampaikan nubuat bahwa mereka akan menerima penghukuman yang sangat pahit dan pedih, sebagai ganjaran atas ketidakhormatan mereka kepada Allah. Allah tidak pernah kompromi terhadap dosa. Bagi setiap mereka yang melakukan pemberontakan dan memilih hidup dijalan yang salah, maka mereka akan menerima ganjarannya. Inilah yang juga terjadi dalam kehidupan si anak bungsu yang pergi membawa semua harta hak miliknya. Ia terlena dan tergoda dengan keduniawiannya, sehingga tanpa disadari hal tersebut membawanya pada keterjatuhan. Demikianlah godaan dosa yang menawarkan hal-hal menggiurkan dan seolah menyenangkan kedagingan manusia, namun pada kenyataannya mematikan sebab membawa manusia jauh dari perkenanan Allah.

Sesungguhnya kita pun adalah manusia yang tidak lepas dari dosa dan ganjaran yang harus kita terima sangatlah jelas, yaitu penghukuman dan maut. Seperti si anak bungsu yang hilang, yang mencoba untuk memperbaiki segala sesuatu dengan usaha sendiri namun hasilnya sia-sia, demikianlah dengan kita. Usaha kita tidak akan pernah mampu untuk menghapus dosa dan kesalahan kita. Satu-satunya hal yang bisa kita lakukan adalah memohon belas kasihan Tuhan. Sebab Tuhan adalah adil bagi setiap mereka yang bersalah, tetapi Tuhan juga adalah kasih bagi setiap mereka yang meratap dan mau kembali kepada-Nya. Oleh karena itu, mari kita berbalik dan bertobat, maka Tuhan akan menganugerah pengampunan dan pemulihan bagi kita. 

Penulis: (AEPTB)
Doa

Ya Tuhan, kami menyadari dosa kami dan tidak akan pernah mampu menanggung penghukuman-Mu. Kami mohon belas kasihan dan pengampunan-Mu Amin.

Pokok Doa Harian Puji dan Janji

Penutup Minggu

Terimakasih atas berkat. Penyesalan karena kurang kesetiaan dan dosa. Permohonan untuk pengampunan, permohonan berkat untuk hari Minggu. Persiapan gereja Tuahn merayakan kebaktian minggu dan pengharapan akan kedatanganNya yang kedua kali. Kalau kita mengalami kematian supaya itu adalah dalam berkat Tuhan.

Efesus 2: 19

Demikianlah kamu bukan lagi orang asing dan pendatang, melainkan kawan sewarga dari orang-orang kudus dan anggota-anggota keluarga Allah. 


Minggu, 2024-07-14

Keluaran 23: 2

Janganlah engkau turut-turut kebanyakan orang melakukan kejahatan.


1 Korintus 16: 14

Lakukanlah segala pekerjaanmu dalam kasih! 

Catatan